KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN

a. Pengertian Keanekaragaman

Keanekaragaman merupakan ungkapan terdapatnya beranekaragam bentuk,  penampilan, densitas dan sifat yang nampak pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan seperti ekosistem, jenis, dan genetik. Nilai keanekaragaman ditentukan dengan menggunakan angka indeks.

b. Sumber Variasi Keanekaragaman

1. Variasi Perkembangan

Variasi perkembangan ini ditentukan secara genetis. Contoh pada tanaman cocor bebek ( Kalanchoe pinnata ) terdapat daun tunggal dan majemuk menyirip beranak daun tiga pada satu individu tanaman yang sering disebut heteromorfisme.

2. Variasi yang disebabkan Lingkungan

Tumbuh-tumbuhan keseluruhan beranekaragam dan banyak jenisnya menyimpang dalam pertumbuhannya, sebagai respon terhadap lingkungan. Perubahan ini disebabkan karena sinar, air, makanan, suhu, dan tanah.

Sebagai contoh adalah tumbuhan kaktus. Daun tanaman ini berbentuk seperi duri atau jarum dan tebal karena tumbuh di daerah yang sinarnya berlebih yaitu di padang pasir atau gurun. Sehingga agar tidak terjadi transpirasi berlebihan maka bentuk daun tidak melebar seperti pada umumnya daun.

Terdapat pula variasi lingkungan yang menyebabkan keanekaragaman tumbuhan dalam bentuk :

- Ketinggian

Perbedaan ketinggian suatu tempat dari garis pantai akan menyebabkan perbedaan mikro klimat antara lain suhu, kelembaban, curah hujan, dan lain-lain. Sehingga mengakibatkan sebaran berbagai jenis tumbuhan berbeda-beda. Ketinggian tempat juga dapat menyebabkan isolasi jenis.

- Letak Geografis

Letak geografis menyebabkan perbedaan makro klimat yang sangat tajam seperti perbedaan musim, curah hujan, kelembaban, suhu, dan intensitas cahaya matahari

3. Variasi Genetika

- Mutasi

Mutasi adalah perubahan yang terjadi secara mendadak diteruskan ke generasi berikutnya yang bersifat kekal. Keturunan yang terjadi berbeda, baik bentuk maupun sifatnya dengan induk. Mutasi dapat terjadi di alam bebas maupun secara buatan.

– Rekombinasi dan Aliran Gen

Gerakan dan perukaran gen-gen di antara anggota populasi melukiskan perpindahan gen-gen. Rekombinasi adalah hasil akibat kombinasi baru dari gen yang telah ada. Perpindahan gen dan rekomendasi melibatkan gen-gen yang ada dari pembawaan

c. Macam Keanekaragaman Tumbuhan Berdasarkan Organisasi Kehidupan dan Taksonomi

1. Keanekaragaman Ekosistem

Keanekaragaman ekosistem didasarkan pada adanya variasi komponen-komponen penyusun ekosistem. Sebagaimana diketahui bahwa ekosistem merupakan satu kesatuan utuh antara makhluk hidup dengan lingkungannya, baik lingkungan biotickmaupun lingkungan abiotik dan komponen-komponen tersebut saling berinteraksi di dalamnya

2. Keanekaragaman Komunitas

Keanekaragaman komunitas dibagi berdasarkan adanya perbedaan mintakat, modus hidup, rantai energi dan makan, interaksi, dan tingkatan takson.

Beberapa contoh keberagaman komunitas berdasarkan perbedaan mintakat antara lain adalah keberagaman komunitas di dalam ekosistem danau terdiri dari komunitas tumbuhan ataupun hewan litoral, komunitas organisme bentik, dan komunitas ikan.

3. Keanekaragaman Jenis ( Populasi )

Keanekaragaman jenis mengacu pada banyaknya spesies yang terdapat di dalam marga. Faktor yang berpengaruh terhadap keanekaragaman jenis adalah pembatas kehidupan yang berupa tekanan dan gangguan yang dapat berupa faktor fisik, kimiawi, kompetisi antar individu dalam spesies atau antar individu dalam spesies yang berbeda. Pada tingkat jenis pola sebaran tumbuhan dapat menyebar secara luas ke seluruh bagian dunia

d. Keanekaragaman Genetik

Keanekaragaman genetik pada dasarnya adalah keanekaragaman dalam jenis yang terdiri dari beberapa takson antara lain :

  1. Anak jenis
  2. Varietas
  3. Anak Varietas
  4. Forma

e. Pusat dan Cara Menentukan Keanekaragaman

1. Pusat China – Jepang

2.Pusat Indocina – Indonesia

3. Pusat Australia

4. Pusat Hindustan

5. Pusat Asia Tengah

6. Pusat Timur Dekat

7. Pusat Mediterania

8. Pusat Afrika

9. Pusat Siberia – Eropa

10. Pusat Amerika Selatan

11. Pusat Amerika Tengah & Meksiko Tengah

12. Pusat Amerika Utara

{Pungki Fajarwati, Nita Tri Widayati,Ni Nengah A.W.,Novia Budiarti}

About these ads

3 responses »

  1. zieva mengatakan:

    sumbernya dari bukunya pak darsono ya mas??
    hehehe :p

  2. […] Gerakan dan perukaran gen-gen di antara anggota populasi melukiskan perpindahan gen-gen. Rekombinasi adalah hasil akibat kombinasi baru dari gen yang telah ada. Perpindahan gen dan rekomendasi melibatkan gen-gen yang ada dari pembawaan (http://meynyeng.wordpress.com/2010/05/01/keanekaragaman-tumbuhan/) […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s